-->

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

JAYAPURA PEMKAB,TOLIKARA RESPON TANGANI LONGSOR DI DISTRIK KUARI KABUPATEN TOLIKARA.

Februari 13, 2023 | Februari 13, 2023 WIB Last Updated 2023-02-13T07:51:59Z
 TOLIKARA,(TOLITVNEWS.COM)-Pemerintah Kabupaten Tolikara memberikan respon cepat untuk menangani tanah longsor pada ruas jalan trans Wamena – Puncak Jaya, tepatnya di Distrik Kuari. Aksi cepat tanggap tersebut dilakukan agar aksesibilitas transportasi bisa berjalan normal kembali. Demikian dikatakan Penjabat (Pj) Bupati Tolikara, Marthen Kogoya, SH.,M.AP kepada Tolitvnews.com saat diwawancara, Senin (13/2/2023).
“Tadi pagi langsung saya hubungi balai atau Satker V Wamena yaitu pak Kambu untuk perintahkan alat berat dari PT. Modern, kebetulan semua ada di Kanggime, agar segera mobilisasi ke Kuari untuk melakukan perbaikan jalan yang longsor,” ujar Pj. Bupati Marthen Kogoya.


Menurut Pj. Bupati Marthen Kogoya, titik longsor di Distrik Kuari Kabupaten Tolikara merupakan bagian dari ruas jalan nasional sehingga pihaknya perlu mengambil tindakan cepat untuk melakukan perbaikan. Ia berharap dengan perbaikan jalan tersebut, arus transportasi masyarakat serta distribusi barang dan jasa bisa berjalan lancar kembali.
“Ini merupakan akses jalan nasional yang menjadi fokus perhatian pemerintah, sehingga saya sebagai Penjabat Bupati punya tugas melaporkan ke pihak balai untuk segera atasi. Puji Tuhan, saat ini PT. Modern sudah melakukan mobilisasi alat berat ke Kuari untuk memperbaiki jalan yang Longsor. Jadi mudah-mudahan dalam beberapa hari ke depan jalan sudah baik kembali untuk kelancaran transportasi,” imbuhnya.


Mengingat saat ini musim hujan, Pj Bupati Marthen Kogoya berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tolikara agar selalu waspada, khususnya mereka yang tinggal di daerah rawan banjir dan longsor. Selain itu masyarakat diimbau untuk tidak melakukan penebangan pohon secara liar.

“Saya mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan menjaga lingkungan tempat tinggal masing-masing, terutama pada musim hujan saat ini. Menanam pohon itu penting sekali. Pohon-pohon yang ada di lingkungan sekitar juga jangan ditebang agar bisa terhindar dari bahaya banjir dan longsor,” imbau Pj Bupati Marthen Kogoya.

Berdasarkan laporan masyarakat Distrik Kuari, longsor terjadi pada Minggu (12/2/2023) sekitar pukul 22:00. Akibat longsor tersebut, ruas jalan trans Wamena – Puncak Jaya mengalami rusak parah sepanjang kurang lebih 50 meter sehingga tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.(Dumamunny-Tolitvnews)
×
Berita Terbaru Update