-->

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Dinkes Tolikara Gelar Pelatihan Kader Posyandu Prima dan Workshop Pelayanan Klaster Ibu Hamil Balita dan Remaja

April 14, 2023 | April 14, 2023 WIB Last Updated 2023-04-14T15:27:29Z
Dinkes Tolikara Gelar Pelatihan Kader Posyandu Prima dan Workshop Pelayanan Klaster Ibu Hamil Balita dan Remaja Igari Kamis 13 April 2023.
Dalam  Rangka Mengisi Pembangunan Kesehatan secara Menyeluruh, Perang dan fungsi kader di tingkat posyandu sangat dibutuhkan sehingga penting untuk dilakukan Pembinaan dan pelatihan terhadap perang Kader Posyandu dimana Posyandu sendiri sebagai ujung tombak Pelayanan kesehatan.hal itu disampaikan oleh kepala dinas kesehatan kabupaten Tolikara Alsem Golenongga,S.Km

Di posyandu (Pos Pelayanan Terpadu),sendiri banyak kegiatan pelayanan yang dapat didukung oleh tenaga petugas kesehatan.yang dibantu oleh para kader yang memberikan informasi kesehatan seperti (ISAN KMS, Pelayanan ANC,Gisi masyarakat, imunisasi, timbang ukur dan lain-lain lanjut Elsem.
Ditinjau melalui kegiatan workshop dan pelatihan kader posyandu diharapkan memberikan dampak besar kemajuan Pelayanan ditingkat posyandu.

Seperti status kesehatan ditingkat desa atau kampung bumil, bayi balita, gizi, masyarakat penyehatan lingkungan ditingkat RT, RW tambah sehat dan penurunan,AKI AKB,stanting balita anak dan usia, sangat diharapkan dengan melibatkan Peran serta masyarakat dan kelembagaan yang ada ditingkat Kampung/ desa turut menyuplai terwujudnya Kampung/desa sehat.terang Elsem Genongga.
 
Pelatihan kader posyandu adalah pertemuan rutin yang diadakan oleh Dinas kesehatan. posyandu, yaitu para relawan kesehatan yang bertugas membantu menjaga kesehatan ibu dan anak di suatu wilayah atau desa tertentu.ungkapnya.

Permasalahan kesehatan di pemerintah kabupaten Tolikara sangatlah kompleks, salah satu kendala adalah terbatasnya jumlah posyandu dan keterbatasan tenaga kader sehingga melalui kegiatan pelatihan ini mendapatkan pembibingan pelatihan sehingga tercipta dan menjadi peran kader yang terlatih dan sehingga diharapkan ada sejumlah posyandu yang canangkan dan aktif.kata Legion Yikwa.
Posyandu sendiri adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat untuk mengembangkan kesadaran dan kemampuan dalam mewujudkan derajat kesehatan yang optimal pada ibu hamil, bayi, dan balita.

Dalam rapat kader posyandu, para kader akan membahas berbagai isu dan masalah kesehatan yang terkait dengan ibu dan anak, seperti program imunisasi, kesehatan gizi, pencegahan penyakit, dan kesehatan reproduksi.

Mereka juga akan membahas rencana kegiatan dan strategi untuk memperbaiki kondisi kesehatan masyarakat di wilayah tersebut.

Rapat kader posyandu sangat penting untuk menjaga kelangsungan program posyandu dan memastikan bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.
Dalam rapat ini, para kader dapat bertukar informasi dan pengalaman, serta berdiskusi untuk mencari solusi terbaik bagi masyarakat yang mereka layani selain itu pada pertemuan tanggal 19 Januari 2023 membahas tentang balita stunting yang ada dikelurahan ngesrep dan penanganannya.ujar Legion Yikwa.S.Km

ketrampilan kader perlu dibina terus oleh petugas-petugas teknis dari berbagai lintas sektor sesuai dengan bidangnya. Selain pengetahuan dan ketrampilan yang berhubungan dengan program kegiatan untuk meningkatkan pelayanan di posyandu.

 Peningkatan pengetahuan dan ketrampilan kader posyandu melalui kursus, pelatihan dan refreshing secara berkala sehingga kualitas dan keahlian dalam menangani pelayan penimbangan di posyandu lebih profesional. terang Legion Yikwa.
Dengan cara ini diharapkan kelestarian kader dapat dipertahankan, karena mereka ditunjang oleh suatu kegiatan yang menjamin hidupnya.ujar Legion Yikwa.
---wartawan Local Tolitvnews.com----(*Duma Munny)*
×
Berita Terbaru Update