-->

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Pemerintah kabupaten Tolikara Gelar Musrenbang Tingkat Distrik Ajang Menampung Aspirasi

April 03, 2023 | April 03, 2023 WIB Last Updated 2023-04-03T04:11:52Z
Pemkab Tolikara Gelar Musrenbang Tingkat Distrik Ajang Menampung Aspirasi


Foto Bersama 
Bokondini-Tolitvnews.com Pemerintah Kabupaten Tolikara melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) Tahun anggaran 2023 tingkat Distrik. Menurut agenda Bappeda Tolikara Musrenbangda tingkat Distrik itu di pusatkan beberapa Distrik untuk menjangkau Distrik terdekat salah satu Distrik yang dipusatkan musrenbang adalah Distrik Bokondini di gelar di Aula GIDI Power Ericson Bokondini Tolikara Provinsi Papua Pegunungan jumat, 31/3/2023 kemarin.

Musrenbang itu melibatkan para Kepala Kampung dan Lurah, tokoh masyarakat,tokoh pemuda,tokoh perempuan,dan tokoh agama serta stakeholder berkompeten lainnya dari Distrik Bokondini serta beberapa Distrik terdekat.

Asisten III Bidang Umum Sekda Tolikara Adi wibowo,SH didampingi Kepala Distrik Bokondini Ina Bamingen,S.TP, dan Kapolsek Bokondini Remi Kogoya dan Danramil Bokondini membuka kegiatan Musrenbang itu.
Asisten III Bidang Umum Sekda Tolikara Adi wibowo,SH dalam sambutannya mengatakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Distrik ini di gelar selain merupakan agenda rutin setiap tahun wajib dilaksanakan Pemerintah Daerah guna menampung aspirasi dan usulan pembagunan dari masyarakat setiap kampung dan kelurahan sebagai bahan dalam Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah tahun 2024.

Menurutnya Musrenbang membahas dan menyepakati rancangan tahun 2024 dan menyepakati daftar prioritas usulan kegiatan pembangunan sehingga apa yang di programkan pembagunan distrik dan kampung/kelurahan tepat sasaran dan bermanfaat untuk umum.

“keterlibatan masyarakat dalam proses perencanaan dan pembangunan distrik, diharapkan mampu meningkakan kesejahteraan masyarakat secara merata dan berkeadilan pembangunan bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, namun keterlibatan atau partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan dan pembagunan semua pihak sangat mempengaruhi keberhasilan pencapaian pembangunan di daerah”. Ujar Asisten Adi wibowo.

Dikatakannya para peserta musrenbang mengusulkan peningkatan jalan dan jembatan di beberapa ruas jalan antar Distrik dan Lintas Kabupaten,namun usulan itu tentu akan dipelajari karena ada jalan yang ditangani pemerintah kabupaten tetapi ada juga ditangani pemerintah provinsi dan pusat. Asisten III Adi wibowo pada kesempatan itu juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga semua infrastruktur dasar yang sudah di bagun pemerintah karena semua akan dibagun bertahap.

Asisten III Adi wobowo,SH kembali menegaskan program dan kegiatan yang urgen di masing – masing Distrik dan Kampung itu bisa terkaver atau terakomodir dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah APBD Tolikara. Seandainya Anggaran belum mencukupi pada tahun berjalan paling tidak data itu ada di Bappeda dan pada tahun – tahun berikutnya bisa direalisasikan.

Dalam Musrenbang itu semua peserta menyepakati beberapa program utama dan prioritas yang diusulkan yaitu; peningkatan jalan dan jembatan dari Distrik Bokondini menuju Distrik Kelila dan pembagunan jalan dan jembatan dari Bokondini menuju Karubaga ibukota Tolikara. Selain itu pengembagan pertanian dan peternakan bahkan pelestarian kehutanan dan pariwisata apa lagi daerah Bokondini dikenal daerah penghasil buah – buahan,sayur – sayur sehingga mampu menjadi salah satu daerah pertumbuhan ekonomi yang unggul. (Diskominfo Tolikara)*
×
Berita Terbaru Update