Ketua TP PKK Kabupaten Tolikara, Ny. Maria G.Imakulata  Kogoya bersama Penjabat Bupati Tolikara Marthen Kogoya acara launching program SARASEHANS di SD Yimu Igari, Jumat, 19 Mei 2023.

KARUBAGA (TOLITVNEWS.com)—Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Tolikara, Ny. Maria I. Goran Kogoya mengatakan, pihaknya diberi tugas berat namun mulia dari Penjabat Bupati sebagai penanggung jawab utama program Sarapan Sehat Anak Sekolah (SARASEHASN).

“Saya tanyakan kepada Bapak Bupati, kenapa tidak diserahkan kepada OPD terkait. 

Bapak Bupati jawab, sudah ada tugas berat untuk mereka, jangan ditambah-tambah lagi.

TP- PKK yang lebih luwas untuk jalankan program ini,” kata Ny. Maria Kogoya dalam sambutannya pada launching SARASEHANS oleh Penjabat Bupati Marthen Kogoya di SD Yimu Igari, Jumat, 19 Mei 2023.

Menurut Maria, pemberian sarapan bergizi bagi anak-anak ini terinspirasi dari fakta bahwa ternyata banyak anak-anak Tolikara berangkat ke sekolah belum sarapan pagi. 

Akibatnya, mereka mudah mengantuk dan tidak fokus mengikuti pelajaran, lesu, bahkan ada yang jatuh sakit dan dibawa ke Puskesmas,katanya.

Maria G.Imakulata Kogoya bersama Penjabat Bupati Tolikara Marthen Kogoya dan Sekda Yosua Noak douw,memberikan makanan dan minuman secara simbolis kepada beberapa anak SD yang hadir pada acara launching program SARASEHANS di SD Yimu Igari, Jumat, 19 Mei 2023.

“Ini tugas berat tapi mulia bagi kami ibu-ibu PKK. Karena itu, saya mengajak organisasi wanita lain, baik itu Dharmawanita, organisasi Gereja, ibu-ibu Bhayangkari, dan ibu-ibu Persit, ayo bersama saling mendukung dalam kegiatan ini. 

Mari kita terlibat langsung untuk anak-anak kita, tutur Maria.

Wanita berdarah Larantuka-Flores Timur ini menjelaskan, acara pemberian Sarapan Sehat Anak Sekolah yang berlangsung sepanjang tahun ini dimulai pada Pkl. 07.00 WIT dengan menu bervariasi setiap hari. 

Setelah di-launching secara resmi di Distrik Karubaga, program ini akan merambah ke seluruh distrik di Tolikara.

“Untuk anak-anakku yang hadir hari ini maupun yang tidak hadir, saya selaku ibu, mama kalian dan Ketua Tim Penggerak PKK meminta agar manfaatkanlah kegiatan ini sebaik-baiknya.

 Kalian harus lebih rajin masuk sekolah untuk rutin mengikuti pelajaran agar kelak menjadi anak yang cerdas dan mampu bersaing di dunia kerja,” tegasnya.

Maria pun menutup sambutannya dengan sebuah pantun untuk anak-anak SD di Igari. “Hitam kulit keriting rambut, aku Papua. Generasi cerdas penuh harapan, ayo tingkatkan sumber daya manusia Tolikara dengan program Sarasehans,” tuturnya.

Kepala Sekolah Dasar SD Yimu Igari, Anas Wanimbo menyambut baik di-launching-nya program SARASEHANS di sekolah yang dipimpinnya. 

Menurut Anas, pihak sekolah sangat berterima kasih kepada Pemda Tolikara yang sudah memberi perhatian serius terhadap pendidikan dan kesehatan bagi anak didik.

“Anak-anak SD di sini sekitar 5o orang, sedangkan TK ada sekitar 60 orang. Terima kasih Bapak Bupati sudah datang ketemu kami dan lihat sekolah kami. Ini sebuah kehormatan bagi kami karena program SARASEHANS ini dimulai pertama di sekolah kami,” tegas Anas Wanimbo. •(DumaMunny)