-->

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Pemerintah Papua Selatan Gelar Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional Untuk Stabilitasi Pasokan dan Harga Pangan

Juni 27, 2023 | Juni 27, 2023 WIB Last Updated 2023-06-27T13:08:29Z
TOLITVNEWS.COM
Pemerintah Provinsi Papua Selatan (PPS) melaksanakan Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional selama 2 hari di Taman Mandala, Merauke, Ibukota Papua Selatan (26/6).

Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 26 hingga 27 Juni 2023, dengan tujuan utama untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan serta mengendalikan inflasi. 

Pemprov PPS bekerja sama dengan Badan Urusan Logistik (BULOG) dan distributor pangan untuk menyediakan produk pangan berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau daripada pasar serta acara ini dihadiri oleh tujuh mitra strategis, termasuk BULOG, Bank BRI, Supermarket Orange, Cakrawala, Talenta, Sumber Mandiri Jaya, dan PT. Sentiti. 
Pembukaan acara serentak yang dilakukan melalui pertemuan virtual dan dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri, dalam rangka mendukung dan mengawasi pelaksanaan program tersebut di seluruh Indonesia. 

Apolo Safanpo, Penjabat Gubernur Papua Selatan, menjelaskan bahwa program ini merupakan salah satu prioritas Presiden yang saat ini tengah dijalankan secara serentak di seluruh negeri. 

Mendagri juga meminta laporan periodik setiap minggu untuk mengatasi masalah inflasi.

Pada kesempatan tersebut, Safanpo menjelaskan dua situasi yang dapat menyebabkan inflasi. 

Pertama, inflasi dapat terjadi ketika banyak produk yang tersedia, namun daya beli masyarakat menurun sehingga mereka tidak mampu membelinya.

 Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya uang yang beredar sehingga produk-produk yang diproduksi tidak dapat terbeli atau terjangkau. 

“Kedua, inflasi dapat terjadi ketika daya beli masyarakat tinggi dan uang beredar cukup, tetapi pasokan produk tidak mencukupi. 

Oleh karena itu, keseimbangan antara pasokan dan daya beli harus dijaga agar inflasi tidak terlalu tinggi atau rendah. Selain itu, ketersediaan bahan pokok juga harus dijaga.” Ujar Apolo Safanpo.

Pemprov PPS berkomitmen untuk menjaga agar harga pangan yang ditawarkan lebih murah daripada harga pasar.
 Dengan melibatkan para stakeholder seperti BULOG, Bank, Supermarket, dan Distributor Pangan, diharapkan program ini dapat memberikan manfaat nyata kepada masyarakat dalam menghadapi tantangan inflasi dan menjaga stabilitas pangan.

“Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, Pemprov PPS juga akan melaporkan perkembangan kegiatan ini secara berkala kepada Mendagri. 

Program ini menjadi salah satu cara dalam upaya mewujudkan ketersediaan pangan yang terjangkau bagi seluruh masyarakat Papua Selatan.” Tutupnya. (Ron)
×
Berita Terbaru Update