-->

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Pemkab Tolikara Lakukan Aksi Tanam pohon Peringati hari HUT Lingkungan hidup Sedunia di Lapangan merah putih Karubaga

Juni 06, 2023 | Juni 06, 2023 WIB Last Updated 2023-06-06T04:46:08Z
Pemkab Tolikara Lakukan Aksi Tanam Pohon Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia
TOLITVNEWS.com-5/Juni/2023
Pemerintahan, Topik Utama10 Dilihat
Karubaga- Pemerintah Kabupaten Tolikara Bersama Komunitas Peduli Lingkungan Hidup peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan melakukan berbagai macam aksi yaitu penanaman bibit pohon yang dipimpin langsung Penjabat Bupati Tolikara Marthen Kogoya, SH, M.AP didampingi Kapolres Tolikara AKBP Ahmad Fauzan dan Pabung Kodim Jayawijaya Mayor Inf Edy Ponco Wibowo serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Steven Gurik, S.Sos yang dipusatkan di lapangan merah putih Karubaga Senin,05/6/2023.
Penjabat Bupati Marthen Kogoya dalam arahannya mengajak warga Tolikara khususnya dan warga Indonesia pada umumnya patut bersyukur Kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena kita memiliki hutan sangat banyak di Indonesia apalagi di Papua hutan kita sangat lebat sehingga pasokan oksigen tercukupi.

“Saya memberikan penghargaan tinggi kepada kepala Dinas bersama Staf Lingkungan Hidup yang telah menyiapkan segala sesuatu untuk kegiatan ini salah satunya bibit pohon sehingga kami bisa menanam sebagai upaya memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia”. Ujar Penjabat Bupati Marthen kogoya.
Dikatakannya pada momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini Ia mengajak semua warga membiasakan diri untuk menanam pohon di lingkungan masing – masing.

“Saya pikir ini merupakan tanggungjawab kita bersama untuk menjaga lingkungan hidup dalam hal ini kebersihan dalam lingkungan kita masing – masing, baik di tempat tinggal kita maupun di lingkungan kantor tempat kita bekerja”. Imbuhnya.
Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tolikara Steven Gurik mengatakan telah menyiapkan berbagai macam bibit pohon yang cocok dengan kondisi iklim dan geografis Tolikara.

“Mayoritas beberapa bibit pohon kami siapkan dari lokal seperti bibit pohon kasuari, pohon buah merah, pohon alpukat, kecuali bibit pohon bambu didatangkan dari luar”. bebernya.

Menurutnya tanah di Tolikara adalah tanah labil, atau tanah berair sehingga muda bergeser, apalagi pada musim hujan tanah pada kemiringan terjal di lereng – lereng gunung sering terkikis air akibat hujan sehingga sering terjadi longsor. Karena itu bibit pohon yang disiapkan untuk ditanam itu selain pohon berakar menyebar juga pohon berakar tunggal kedalam yang dapat memperkuat struktur tanah.
“Kami akan menyebarkan bibit ke semua lokasi termasuk pekarangan warga di kota karubaga dan sekitarnya, jadi kami imbau warga untuk mengizinkan ketika kami mendatangi pekarangan warga untuk menanam bibit pohon”. Pintanya. (Diskominfo Tolikara)*
×
Berita Terbaru Update