-->

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Pj Gubernur Papua pengunungan Nikolaus Kondomo Kunjungan Kerja di Kabupaten Tolikara

Juni 20, 2023 | Juni 20, 2023 WIB Last Updated 2023-06-20T15:55:02Z

KARUBAGA-TOLITVNEWS.COM Guna melihat secara langsung kemajuan pembangunan di Kabupaten Tolikara, Penjabat (Pj) Gubernur Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo, SH.,MH melakukan kunjungan kerja (kunker), Senin (19/06/2023). 
Tiba di Bandara Karubaga pukul 12:30 WIT, Pj Gubernur Nikolaus Kondomo bersama beberapa pimpinan OPD Provinsi Papua Pegunungan disambut Pj Bupati Tolikara, Marthen Kogoya, SH.,M.AP didampingi Sekda Yosua Noak Douw, S.Sos.,M.Si bersama Pimpinan OPD, para Kepala Distrik, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda dan para pelajar serta diirigi tarian adat Suku Dani dari Sanggar Seni Pemuda Karubaga.

Rangkaian kegiatan Pj Gubernur pada kesempatan itu antara lain, kunjungan ke Kantor Polres Tolikara, peletakan batu pertama pembangunan Stadion Sepak Bola, kunjungan ke Kantor Dandim Penghubung Jayawijaya, dan peletakan batu pertama pembangunan Pasar Sentral Karubaga.
Dalam kunjungan kerja tersebut Pj Gubernur Nikolaus Kondomo juga melihat secara langsung aktivitas pasar mama-mama Papua di jalan Karubaga dan sempat membeli sayur dan buah. Pj Gubernur dan rombongan kembali ke Wamena ibukota Provinsi Papua Pegunungan Setelah kurang lebih 2 jam berada di Karubaga.

“Saya bersama-sama dengan rombongan SKPD Provinsi Papua Pegunungan datang langsung ke Kabupaten Tolikara untuk melaksanakan kunjungan kerja. Kami lihat luar biasa kabupaten ini, banyak kemajuan. Semua pembangunan berjalan dengan baik,” ujar Pj Gubernur Nikolaus Kondomo.
Dikatakannya, Stadion Bola Kaki dibangun di Lapangan Merah Putih, tempat dimana orang Tolikara pertama kali menerima Otonomi Khusus Papua. 

Selain untuk mengenang peristiwa tersebut, Stadion Bola Kaki juga menjadi sarana pembinaan atlit berbakat Tolikara sehingga bisa mengangkat nama Tolikara bahkan Papua Pegunungan.

Selanjutnya, Pj Gubernur Nikolaus Kondomo mengatakan, pembangunan Pasar Sentral Karubaga di Gurikme merupakan ide atau terobosan luar biasa dari Pj Bupati Marthen Kogoya. 
Selama ini terdapat beberapa los pasar tetapi tidak mampu menampung warga Tolikara untuk berjualan, karena tidak luas dan kurang strategis.

 Dengan kehadiran Pasar Sentral Karubaga, warga Tolikara bisa berjualan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Tadi Kepala Dinas Perindagkop Tolikara, Teri Joli Yikwa menyampaikan bahwa kekurangan dana. Hal ini akan kami lihat, apakah ada anggaran cukup untuk bisa kami bantu atau tidak melalui instansi teknis,” tutur Pj Gubernur Nicolaus Kondomo.
Dikatakan pula, terkait infrastruktur jalan dan jembatan, menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. 

Yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Papua Pengunungan akan diprioritaskan pembangunannya karena akses jalan darat merupakan urat nadi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah.

Sementara itu, Pj Bupati Marthen Kogoya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pj Gubernur Nikolaus Kondomo atas kunjungannya di Kabupaten Tolikara. Ia yakin, ada perhatian dari Pj Gubernur untuk masyarakat Tolikara setelah kunjungan tersebut. 
“Pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Tolikara mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan resmi bapak Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan.

 Dimana, dengan hadirnya beliau, langsung melihat di lapangan, kondisi infrastruktur yang ada, kondisi pemerintahan dan pelayanan publik.

 Kami percaya setelah kembali ke Wamena, pasti ada perhatian untuk kami di Tolikara,” ucap Pj Bupati Marthen Kogoya.(Diskominfo Tolikara)*
×
Berita Terbaru Update