Notification

×

Iklan

Iklan

Keindahan Alam 2 Kali Toli dan Kali Awonege Ke-dua Kepala Distrik Nunggawi,Toliboy wanimbo,S.Sos Bersama Kepala Distrik Wolu Wesmin Gurik Menyapa Represin

Juli 18, 2023 | Juli 18, 2023 WIB Last Updated 2023-07-18T14:53:35Z
KARUBAGA.TOLITVNEWS.COM-Kepala Distrik Nunggawi,Toliboy wanimbo,S.Sos Bersama Kepala Distrik Wolu Wesmin Gurik Menyapa Represin Keindahan alam 2 Sungai kali  Toli dan kali Awonege Distrik Wolu Kabupaten Tolikara.Minggu 15/7/2023.

Kedua Kepala Distrik Toliboy wanimbo,dan Wesmin Gurik dari kabupaten Tolikara provinsi Papua Pengunungan, Menyapa hari ini ambil waktu sedikit untuk Represin 2 kali yang bermuara, kali Toli dan Kali Awonege.

Kami berdua berbangga dengan kedua kali yang kami anggap Berkat Tuhan yang Titip di bumi Tolikara Papua Pengunungan.
 Jadi Berkreasi mandi-mandi di bermuara kali Toli dan Kali Awonege yang ada di wilayah Tolikara ini.ucapnya.Toliboy".

Menikmati keindahan alam yang begitu indah yang telah Tuhan Yesus ciptakan untuk makhluknya didunia ini.

Kita bisa menikamati keindahan alam kapan pun tanpa harus membayar,
Maka dari itu rawatlah dan jagalah keindahan alam ini.Paparnya Toliboy"

Keindahan sungai Toli,dan Awonege, yang ada di Tolikara,Di antara aliran  sungai menikmati pemandangan yang indah  semua karena kesempurnaan ciptaan Tuhan.Katanya.

Tempat ini adalah jembatan gantung berwarna merah yang berada di atas sungai kali Toli dan Awonege,Kali ini orang melihat kebawah bermuara itu pasti kali  Toli dan Awonege."
Sungai tersebut yang Awonege hari kemarau pun tak bisa jernih siang malam selalu kabur sungai ini Dari Tuhan titipkan untuk kami masyarakat Tolikara dan papua, Sungguh benar firman Allah, Kalau ikan hidup tanpa air,sudah pasti ikan mati, Kalau Tumbuh-Tumbuhan hidup Tanpa Tanah, pasti Tumbuh-Tumbuhan juga kering,Kalau manusia hidup Tanpa firman, pasti manusia mati itu yang kita harus pegang jadi setiap hari kita harus jaga pohon-pohon lingkungan hidup kita."ujar Toliboy.

2 Kali tersebut yakni Kali Toli dan Kali Awonege ini Nama Terkenal kalangan masyarakat Tolikara maupun Papua, Terdapat sebuah sungai yang menarik bernama Kali Toli, memiliki daya tarik yang unik lantaran airnya yang jernih berwarna hijau kebiruan.
Saat berada di lokasi, suasana sejuk langsung terasa menyapa para pengunjung, terlebih titik sungainya yang berada di tengah hutan perbukitan, sehingga bisa mengobati,rasa Lelah dari hiruk pikuk perkotaan selamat sepekan.kata Toliboy"

Jadi semua pejabat yang  pimpin se-Papua bahkan Indonesia ini hampir semua yang pernah mandi kali Toli yang jadi pejabat se-Papua jadi mari kita jaga dan lingkungan sungai kali ini,harapan kami.tutur Toliboy.
Maka saya sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat, Tokoh Agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, pemuda, distrik Nunggawi dan Distrik Wolu bahwa jaga kedua kali ini agar nama kedua kali ini lebih terkenal lagi sampai seluruh masyarakat papua,dan Indonesia.

Lebih lanjut lagi  tetap melestarikan lingkungan tidak boleh penebangan hutan pohon, membuka lahan kebun masyarakat harus jaga pohon-pohon di pinggiran kedua kali ini agar kali ini tetap aman.

kalo kita tebang kayu sembarang berarti suatu ketika Ujang deras nanti tanah akan longsor hingga tempat kita ini hancur apalagi daerah kita begitu kemiringan lereng gunung"ujar Toliboy.
Dampak wilayah kita hancur gara-gara penebangan hutan pohon itu, harapan saya, kita jaga bersama aliran sungai yang Tuhan Yesus titipkan kedua kali ini,yang disebut kali Toli/Tolikara 
Terima kasih semua pemirsa yang melihat kedua kali Toli dan Awonege yang Tuhan Yesus titipkan untuk di bumi Tolikara Papua Pengunungan.(DumaMunny)*
×
Berita Terbaru Update