-->

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Pemkab Tolikara Gelar Pelatihan MP3L

Agustus 09, 2023 | Agustus 09, 2023 WIB Last Updated 2023-08-09T05:11:55Z
KARUBAGA-[TOLITVNEWS.COM]-Guna meningkatkan ketahanan pangan, Pemerintah Kabupaten Tolikara melalui Dinas Ketahanan Pangan bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Santu Thomas Aquinas Jayapura, menggelar pelatihan Model Pengolahan Pangan Pokok Lokal (MP3L) selama 2 hari, 8 – 9 Agustus 2023.

Penjabat (Pj) Bupati Marthen Kogoya, SH.,M.AP dalam sambutannya saat membuka kegiatan pelatihan MP3L di Gereja GIDI Kolengger Distrik Karubaga (Selasa 8 Agustus 2023), memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pimpinan dan staf Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tolikara bersama para Narasumber dari LPPM STIPER Santu Thomas Aguinas.
“Kegiatan pelatihan MP3L menggambarkan bahwa saudara-saudari menaruh kepedulian yang sangat besar terhadap ketahanan dan kerentanan pangan. 

Kegiatan ini sangat mendukung upaya meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Tolikara tercinta ini.

 Saya mengharapkan, pelatihan ini dapat memberikan bekal bagi semua peserta, Semoga ilmu yang didapat bisa berguna dan dibagikan kepada Kelompok Tani lainnya. 

Kepada peserta yang hadir disini, saya juga sampaikan penghargaan dan terima kasih,” ungkap Pj Bupati Marthen Kogoya.
Dikatakannya, Undang-undang No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan dan Peraturan Pemerintah No. 17 tahun 2015 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi mengamanatkan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya berkewajiban membangun, menyusun dan mengembangkan Sistem Informasi Pangan dan Gizi yang terintegrasi, yang selanjutnya dapat digunakan untuk perencanaan, pemantauan dan evaluasi, serta sebagai sistem peringatan dini terhadap masalah pangan dan kerawanan pangan dan gizi.

“Upaya peningkatan penganekaragaman konsumsi pangan dilakukan melalui beberapa cara antara lain, mempromosikan penganekaragaman konsumsi pangan, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi aneka ragam pangan, meningkatkan keterampilan pengembangan olahan pangan lokal, dan mengembangkan teknologi tepat guna untuk pengolahan Pangan Lokal,” terangnya.
Pj Bupati Marthen Kogoya menambahkan, pelatihan MP3L sangat penting dalam rangka mempercepat penganekaragaman (diversifikasi) konsumsi pangan pokok lokal, guna peningkatan gizi dan pendapatan ekonomi tingkat petani serta terjaganya ketahanan dan kerentanan pangan di Kabupaten Tolikara.

“Saya berharap melalui kegiatan penting ini dapat menggali potensi pangan lokal, menambah inovasi produk lokal, membuka jejaring usaha dan tempat berbagi pengalaman antara pelaku UMKM,” ucap Pj Bupati Marthen Kogoya.


Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tolikara, Demas Penggu mengatakan, pelatihan MP3L dilaksanakan selama 2 hari, masing-masing bertempat di Distrik Karubaga (8 Agustus 2023) dan di Distrik Bokondini (9 Agustus 2023).

 Kegiatan pelatihan diikuti oleh 200 peserta yang berasal dari Kelompok Wanita Tani (KWT).
 Ia pun memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Pj Bupati Marthen Kogoya yang telah mendorong program peningkatan ketahanan pangan daerah.

“Terima kasih kepada bapak Pj Bupati Marthen Kogoya yang selalu mendukung dan mendorong kami agar mampu meningkatkan produktivitas pangan lokal. Semoga pelatihan seperti ini bisa diteruskan ke kampung-kampung di seluruh Tolikara karena ketahanan pangan lokal sangat penting dalam meningkatkan kualitas kebutuhan gizi keluarga,” tutur Demas Penggu.(Diskominfo Tolikara)*
×
Berita Terbaru Update