-->

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Akses Jalan Distrik Terus Dibangun oleh Penjabat PJ Bupati Tolikara Marthen Kogoya

September 18, 2023 | September 18, 2023 WIB Last Updated 2023-09-18T07:27:51Z

KARUBAGA: [TOLITVNEWS.COM]-
Pembangunan infrastruktur jalan distrik Karubaga mengumbungkan distrik Konda dan Lianogoma terus berjalan Pembangunan selain dilakukan langsung Pemkab Tolikara, juga dilakukan di tingkat distrik dan desa, khususnya pembangunan infrastruktur jalan.

Pembangunan salah satunya seperti yang dilakukan di distrik Karubaga desa Kolengger Jalan usaha tani yang berada di kampung ini, yang sebelumnya kondisinya rusak parah, dibangun dengan memanfaatkan dana (APBD) daerah Kab, Tolikara.

Pembangunan ruas jalan usaha tani ini cukup penting mengingat jalan ini merupakan akses perekonomian dan pertanian warga sekitar ucap PJ bupati Marthen Kogoya ".
Pembangunan jalan tersebut terang saja disambut gembira warga. Salah satu tokoh masyarakat desa Kolengger menyambut baik pembangunan jalan tersebut. 

"Menurut PJ bupati Tolikara Marthen Kogoya, selama ini warga harus menempuh jarak yang cukup jauh dan memutar untuk menjual hasil panen. 

Dengan adanya pembangunan jalan ini, warga tak perlu memutar sehingga jarak tempuh semakin dekat dan tidak butuh waktu lama untuk menjual hasil tani di pasar karubaga.pinta Marthen".

“Tentu saja kami sangat gembira jalan ini dibangun oleh Pemerintah Daerah kabupaten Tolikara (Pemda).
 Ini merupakan bentuk perhatian bagi para petani karena jalan ini sangat penting dan sudah lama rusak,” ungkap Marthen Kogoya, Kamis (16/9/2023

Pihaknya berharap, dengan dibangunnya jalan usaha tani ini, akses perekonomian masyarakat desa semakin mudah dan bisa membawa kemajuan perekonomian desa.

Terpisah, membenarkan selama ini akses jalan yang rusak menjadi kendala dan turut andil terhadap tingginya biaya produksi pertanian.

Vitalnya kebutuhan akses jalan ini kemudian ditindaklanjuti dengan pembangunan, memanfaatkan dana APBD daerah Tujuannya yakni ketersediaan infrastruktur jalan terutama membuka jalan usaha petani yang menjadi prioritas utama.
“ sebagian besar menggantungkan hidupnya di sektor pertanian, sehingga kebutuhan akses jalan usaha petani menjadi perioritas,” jelas dia.

Terkait rencana pembangunan jalan usaha petani ini, menurut Marthen merupakan wacana yang sudah lama. 

Namun baru saat ini rencana tersebut bisa terealisasi. Jalan tersebut dibangun sepanjang dari distrik karubaga ke distrik Konda dan Lianogoma dengan lebar tiga meter. Untuk pembangunan jalan ini setidaknya membutuhkan anggaran lebih besar,murnih dari anggaran APBD daerah.ujar Marthen Kogoya.[DumaMunny]*
×
Berita Terbaru Update