-->

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Kabar Gembira! Delapan Kabupaten Se-Provinsi Papua Pegunungan Terima Bantuan Hibah Peralatan Rekam E-KTP

September 28, 2023 | September 28, 2023 WIB Last Updated 2023-09-28T04:46:53Z
WAMENA[Tolitvnews.com]-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Pegunungan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menyerahkan bantuan hibah peralatan rekam cetak E-KTP kepada delapan (8) Kabupaten se-Provinsi Papua, bertempat di Aula Kantor Gubernur Provinsi Papua Pegunungan, Wamena, Rabu, 27 September 2023.

Bantuan hibah diserahkan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo, SH.,MH diwakili Asisten III Bidang Pemerintahan Umum Setda Provinsi Papua Pegunungan, Darmanto, S.Sos.,M.AP dan diterima langsung oleh pimpinan Disdukcapil 8 Kabupaten se-Provinsi Papua di Wamena, Rabu, 27 September 2023.
Pj) Gubernur Nikolaus Kondomo dalam sambutannya yang diwakili Asisten III, Darmanto mengatakan, capaian perekaman E-KTP di Provinsi Papua Pegunungan pada Semester II tahun 2022 masih sangat rendah. 

Oleh karena itu, ia meminta agar pelayanan pencatatan dokumen kependudukan di 8 Disdukcapil segera ditingkatkan.

“Persentasenya masih (masih rendah) berada pada kisaran 16%. Begitu jauh jika dibandingkan dengan provinsi lain, yang rata-rata sudah berada di atas 50%,” ungkap Pj Gubernur Nikolaus Kondomo.

Dikatakannya, pelayanan pencatatan E-KTP di wilayah Pegunungan Papua sering terkendala letak geografis setiap daerah yang sulit dijangkau dan kondisi cucaca yang ekstrim, sehingga dibutuhkan peralatan yang memadai. Untuk itu Pemrov Papua Pegunungan Papua menyerahkan hibah peralatan perekaman Administrasi Penduduk (Adminduk) guna menunjang kelancaran pelayanan di setiap kabupaten.

“Kami serahkan hibah peralatan untuk perekaman dan pencetakan E-KTP, Kartu Indentitas Anak (KIA) dan perlataan penunjang lainnya. Semoga bantuan dari provinsi ini dapat meminimalisir kendala-kendala yang dihadapi selama ini,” ucapnya.

Dikatakan pula, Pemprov Papua Pegunungan berkomitmen mensukseskan Pemilu 2024. Ia berharap terjadi peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pemilu yang pertama kali dilaksanakan di DOB Provinsi Papua Pegunungan.

“Data kependudukan menjadi hal yang sangat penting. Mari kita dukung Penyelenggara Pemilu, dengan menyediakan data penduduk yang memadai, karena pada Pemilu mendatang diharapkan partisipasi masyarakat itu tinggi,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Provinsi Papua Pegunungan, Margaretha Rumbekwan, S.Sos., M.Si menjelaskan, hibah dukungan sistem pemerintahan berbasis elektronik tersebut bersumber dari DPA Disdukcapil Provinsi Papua Pegunungan.
 Ia berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi 8 Disdukcapil Se-Provinsi Papua Pegunungan dalam meningkatkan inovasi digitalisasi administrasi Kependudukan.

“Kita sama-sama berkomitmen untuk melayani masyarakat melalui inovasi-inovasi berbasis kearifan lokal dan digitalisasi adminduk dalam rangka mendukung pembangunan di Provinsi Papua Pegunungan,” ucap Margaretha Rumbekwan.[kontributor wamena-tolitvnews.com]*
×
Berita Terbaru Update