-->

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Tim Evaluator Itjen Kemendagri Apresiasi Inovasi dan Program Nyata Pj Bupati Marthen Kogoya

September 28, 2023 | September 28, 2023 WIB Last Updated 2023-09-28T04:14:44Z

KARUBAGA [TOLITVNEWS.COM]-Tim Evaluator Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan apresiasi atas inovasi dan program nyata Penjabat (Pj) Bupati Tolikara, Marthen Kogoya, SH.,M.AP saat evaluasi capaian kinerja selama satu (1) tahun, bertempat di Kantor Itjen Kemendagri di Jakarta, Selasa 26 September 2023.

“Secara umum tim evaluator mengapresiasi kinerja saya selama satu tahun. Banyak terobosan baru dalam proses penyelenggaraan pemerintahan, terutama aspek keamanan dan ketertiban Tolikara yang sangat terjaga, kerja sama dan komunikasi dengan TNI-Polri berjalan baik, sinergi dengan semua stakeholder, dan kunjungan kerja ke distrik dan kampung-kampung,” ucap Pj Bupati Marthen Kogoya kepada media, Rabu 27 September 2023.

“Semua evaluator memberikan apresiasi dan nilai yang baik. Jadi di mata pusat, kepemimpinan saya yang baru 11 bulan tapi cukup banyak terobosan yang saya lakukan,” terang Pj Bupati Marthen Kogoya.

Terhitung kurang lebih satu tahun berkarya, Pj Bupati Marthen Kogoya memiliki sejumlah program nyata dan terobosan inovatif dalam meningkatkan pembangunan Kabupaten Tolikara.

 Fokus utamanya ialah bekerja sesuai arahan Bapak Mendagri yakni selalu berada di tempat tugas dan rajin blusukan, menjaga kamtibmas, dan menggunakan APBD untuk kepentingan masyarakat.

Pj Bupati Marthen Kogoya sukses dalam meningkatkan disiplin pegawai, menjaga kamtibmas agar Tolikara tetap aman dan damai, selalu berada di tempat tugas, dekat dengan masyarakat, dan memiliki sejumlah terobosan dalam pembangunan bidang infrastruktur, pendidikan, pencegahan stunting dan mengatasi inflasi daerah.

Dalam hal disiplin pegawai, Pj Bupati Marthen Kogoya selalu menegaskan kepada seluruh ASN agar selalu berada di kantor dan memiliki rasa tanggung jawab dalam menjalankan tugas.

 Bahkan beberapa kali ia melakukan inspeksi mendadak ke setiap OPD untuk memastikan tingkat kehadiran ASN.

 Tidak segan-segan ia memberikan teguran keras kepada pimpinan dan OPD yang lalai atau jarang hadir di kantor.

Guna meningkatkan situasi Kabupaten Tolikara yang aman, tertib dan damai, Penjabat Bupati Marthen Kogoya selalu membangun koordinasi dengan tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan TNI-Polri. 

Setiap persoalan konflik di tengah masyarakat pun selalu diselesaikan dengan cepat. 

Bahkan di saat terjadi masalah seperti aksi pemalangan jalan, dengan berani ia turun ke lokasi untuk melakukan mediasi dengan mengedepankan pendekatan persuasif untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Pj Bupati Marthen Kogoya juga selalu berada di tempat tugas dan terkenal sangat dekat dengan masyarakat. Dalam kunjungan kerja ke distrik-distrik, selain mengamati kondisi pembangunan di tingkat distrik, ia juga selalu menyapa dan berdialog dengan masyarakat dalam suasana kekeluargaan.

Terkait pembangunan infrastruktur, Pj Bupati Marthen Kogoya membangun sejumlah ruas jalan, jembatan, pasar sentral, sarana pendidikan, kesehatan dan sejumlah gedung penting lainnya.

 Ia sering melakukan peninjauan langsung terhadap kondisi jalan dan jembatan baik di tengah Kota Karubaga maupun di Distrik dan kampung-kampung.

 Ia juga sering melakukan koordinasi dengan Balai Bina Marga Wamena untuk peningkatan pembangunan jalan dan jembatan.

Pj Bupati Marthen Kogoya juga sangat peduli terhadap pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

 Guna meningkatkan mutu pendidikan di Tolikara, ia membangun berbagai sarana dan prasarana pendidikan dan menjalin kerja sama dengan Surya Institute dalam Program Pembelajaran Metode Gasing, serta program penting lainnya. 

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, Pj Bupati Marthen Kogoya berprinsip bahwa semua masyarakat Kabuapten Tolikara baik di pusat kota maupun di distrik dan di kampung-kampung, berhak mendapat pelayanan kesehatan yang baik.

 Terhitung selama satu tahun kepemimpinan, ia mulai membangun Puskesmas Plus di Distrik Konda, Distrik Numba, Distrik Anawi, dan sejumlah Distrik lainnya.

Dalam hal upaya penurunan angka stunting, Pj Bupati Marthen Kogoya melakukan sejumlah kegiatan penting diantaranya, memimpin Tim Gizi berkonsultasi ke Deputy Setwapres, menggelar pertemuan aksi konvergensi guna menganalisis situasi dan menyusun rencana kegiatan pencegahan, serta meningkatkan kualitas pelaksanaan Program 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Pj Bupati Marthen Kogoya melahirkan sebuah program terobosan dengan nama Sarapan Sehat Anak Sekolah (SARASEHANS).

 Melalui program, ini anak-anak diberi sarapan makanan bergizi setiap pagi sehingga mereka bisa rajin sekolah, menerima pelajaran dengan baik, konsentrasi tinggi saat menerima pelajaran, sehat dan cerdas. 

Program ini bukanlah bersifat makanan tambahan, tetapi makanan utama/makanan inti dan diberikan setiap hari. 

Dalam upaya menekan laju inflasi, Pj Bupati Marthen Kogoya menggelar operasi pasar murah, pelatihan Model Pengolahan Pangan Pokok Lokal (MP3L) bagi pengusaha lokal dan para petani, dan membangun Pasar Sentral Karubaga untuk menjawab jeritan mama-mama Papua yang selama ini berjualan di sepanjang bahu jalan di pusat Kota Karubaga.[redaksi-tolitvnews]

×
Berita Terbaru Update