-->

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Pj Bupati Tolikara Serahkan Bantuan Bibit Ternak Babi

September 06, 2023 | September 06, 2023 WIB Last Updated 2023-09-06T04:13:44Z
KARUBAGA[TOLITVNEWS.COM]-Dalam rangka meningkatkan pendapatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, Penjabat (Pj) Bupati Tolikara, Marthen Kogoya, SH.,M.AP menyerahkan bantuan bibit ternak babi kepada kelompok peternak. 
Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis dipusatkan di halaman Kantor Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Tolikara, Karubaga, Selasa 5 September 2023.

Pj Bupati Marthen Kogoya dalam arahannya saat penyerahan bantuan tersebut memberikan apresiasi kepada pimpinan dan staf Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Tolikara yang telah berusaha mendatangkan ratusan bibit bab“Saya ucapkan terima kasih kepada kepala dinas dan staf dinas pertanian, peternakan dan perikanan yang sudah mengurus proses pengadaan bibit babi.
 Bantuan ini bersumber dari Provinsi Papua Pegunungan dan Pemerintah Kabupaten Tolikara melalui Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan dengan jumlah mencapai ratusan ekor babi,” kata Pj Bupati Marthen Kogoya.

Dikatakannya, bantuan ternak bibit babi diserahkan kapada masyarakat di empat (4) wilayah pembangunan Kabupaten Tolikara. 

Penyerahan bibit ternak babi tahap pertama untuk Distrik Karubaga, sedangkan untuk Distrik Kanggime, Distrik Bokondini, dan Distrik Kembu/Mamit akan segera menyusul.
 Ia berharap bibit ternak babi dipelihara secara baik sehingga bisa bermanfaat untuk kehidupan ekonomi masyarakat.

Saya mohon supaya bapak ibu yang terima bantuan (bibit babi) ini pelihara baik supaya berkembang biak jadi banyak. Percuma kalau terima bantuan babi tapi tidak kasih makan sama saja, nanti rugi.

 Jika babi sudah berkembang banyak, maka bisa dijual atau dikonsumsi sendiri,” pesan Pj Bupati Marthen Kogoya.
Sementara itu Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Pertanian, Boas Yikwa, SE mengatakan, jumlah bantuan bibit ternak babi tahun 2023 sebanyak 226 ekor.

 Penyerahan secara simbolis di Distrik Karubaga sebanyak 76 ekor atau 38 pasang babi jantan dan betina. 

Ia pun berharap setiap kelompok peternak penerima bantuan dapat memelihara dan mengembangkan ternak babi seara baik. “Bantuan diberikan kepada kelompok peternak.
 Penyerahan pertama saat ini untuk 38 kelompok. Saya berharap setiap kelompok tani dapat memelihara babi ini secara baik. 

Jika babi sudah berkembang atau beranak maka dibagi kepada anggota kelompok yang lain. Ini berlaku untuk semua penerima bantuan di empat wilayah bantuan. 

Kami usahakan untuk distribusi ke Distrik Kanggime, Distrik Bokondini, dan Distrik Kembu dalam waktu dekat,” tutur Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Tolikara Boas Yikwa.(Diskominfo Tolikara)*
×
Berita Terbaru Update