-->

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Maraknya Panah Wayer, Airsoft Gun, dan Pistol di Manado

Desember 30, 2023 | Desember 30, 2023 WIB Last Updated 2023-12-30T00:04:18Z
Karubaga[Tolitvnews.com]- adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi.tolitvnews.com

Panah wayer yang disita polisi Manado (sumber:sulutexplorer,com)

Saat ini aksi kekerasan antarwarga di Manado semakin menjadi-jadi. Tawuran antarwarga kembali terjadi di Manado dan sekitarnya, bahkan sudah merenggut korban. 
Salah seorang pemuda tanggung, bertempat tinggal di Kelurahan Mahakeret Timur, Rizky Husuna, dengan usia yang masih begitu muda 17 tahun pun akhirnya harus jatuh terkapar oleh karena tertembus dua anak panah wayer di rusuk dan di kepalanya.

Aksi seperti ini sebetulnya sudah sering terjadi sejak beberapa bulan yang lalu. Apalagi di tempat-tempat yang rawan tawuran, nah salah satunya adalah di Mahakeret itu. 

Sudah menjadi santapan umum di Manado ketika melihat pertikaian antara warga dari dua kelurahan di Mahakeret tersebut, yaitu Mahakeret Timur dan Mahakeret Barat.
 Minggu lalu saja terjadi juga perkelahian antarwarga di sana. Sekelompok preman tiba-tiba datang dan membuat keributan di sana, lantas beberapa rumah warga yang sama sekali tidak bersalah pun akhirnya harus menjadi sasaran pelemparan batu dan lontaran anak panah wayer itu. Ini benar-benar sudah keterlaluan. Para pengacau itu sudah semestinya diusut tuntas.

Tentunya, dengan semakin maraknya kasus kekerasan melibatkan penggunaan panah wayer ini alhasil membuat warga Manado dan sekitarnya menjadi sangat resah. 

Ada yang berujar serta bilang begini, “Bagimana lei ini, skarang kalu bajalang di Manado so nyanda aman noh.” Kejadian-kejadian seperti ini membuat warga takut untuk keluar rumah, apalagi di malam hari. 
Khusus di daerah rawan pertikaian, warga menjadi sangat was-was terkena panah wayer nyasar. Bisa jadi, setiap hari warga Manado berpeluang terkena panah wayer nyasar.

 Buktinya juga, kerap kali yang menjadi korban panah wayer yang dilesatkan orang lain adalah justru warga yang nggak tau apa-apa, dan tidak terlibat pertikaian apa pun.

Bayangkan saja, anak-anak SMP pun kini sudah terlibat penggunaan panah wayer. Polisi bahkan pernah menangkap seorang pelajar SMP yang sementara membawa panah wayer. 

Untuk apa seorang anak bau kencur bawa-bawa panah wayer? Peran orang tua tentu menjadi amat vital dan sangat diperlukan dalam situasi seperti ini. Di sini dituntut kesadaran semua pihak untuk mengambil perannya masing-masing. 

Sebab korban panah wayer dapat berujung pada kematian. Ujung panah wayer memang kerap diolesi racun.

[caption id="attachment_323539" align="aligncenter" width="320" caption="Korban panah wayer di Mahakeret, Manado (foto kualitas rendah karena menggunakan BB)"]

Polisi memang sudah semestinya bekerja ekstrakeras. Kasus panah wayer ini jangan dipandang sebelah mata saja. 

Kapolresta Manado, Kombes Sunarto memang sudah mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah hal tersebut. 

Mereka juga sudah melakukan patroli setiap malam untuk menjaga aksi panah wayar supaya tidak bertambah parah. 

Akan tetapi, polisi jelas-jelas tidak bisa bekerja sendirian saja dalam menangani kejahatan dan kekerasan yang terjadi di Manado ini. 

Harus ada keterlibatan aktif masyarakat setempat untuk turut serta memberantas tindak kekerasan menggunakan berbagai senjata tajam. Peran orang tua juga tidak pernah bisa diabaikan begitu saja. 

Termasuk tentunya dibutuhkan peran para tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemerintah daerah setempat.

Bukan hanya panah wayer, kini di Manado juga marak beredar apa yang namanya airsoft gun.

 Senjata ini tentu lebih canggih dan mumpuni daripada panah wayer. Banyak juga anak muda yang mengantongi senjata jenis ini. 

Nah, menurut harian Komentar, maraknya peredaran senjata jenis ini oleh karena selain harganya cukup terjangkau, calon pemiliknya juga tidak terlalu direpotkan dengan pengurusan segala macam izin. 

Banyak pemilik airsoft gun tidak mengantongi izin sama sekali. Paling hanya dengan memiliki kartu Perbakin saja sudah cukup.

Ada anak muda pemilik soft gun mengatakan bahwa senjata tersebut dimilikinya hanya sebagai hobi saja dan tidak akan dipakai untuk berantem. 

“Yah paling-paling Cuma for mo pake latian tembak botol deng tembak tikus, maar nyanda for pake bakalae.” Airsoft gun ini dapat dibeli dari berbagai website toko online, dengan harga yang cukup bervariasi. 

Anda dapat memperolehnya dengan harga 3 juta rupiah sampai 20-an juta rupiah. Sangat bergantung pada jenis serta daya tembaknya.

Tampilan fisik airsoft gun sangat persis dengan senjata api asli. Begitu pun kinerja pelontaran proyektilnya yang bisa mencapai kecepatan lebih dari ratusan kaki per detik. 

Karenanya, bila senjata ini disalahgunakan, apalagi bila dipakai ketika tawuran atau pertikaian antarwarga, maka sangat jelas efeknya akan jauh lebih parah daripada panah wayer.

Parahnya di Manado saat ini, ada sinyalemen bahwa anak muda di Manado juga sudah mulai marak menggunakan senjata api laras pendek asli alias pistol asli, bukan sekedar airsoft gun lagi,Ini tentu amat sangat berbahaya. 

Ada dugaan bahwa pistol-pistol tersebut diselundupkan dari Fillipina ke Manado, mengingat jarak yang begitu dekat antara keduanya. 

Bahkan Fillipina sudah menempal persis ke Sangihe Talaud. Harga jual pistol selundupan ini bisa diperoleh dengan harga relatif murah, bahkan jauh lebih murah dari yang jenis airsoft guna.

Hanya dengan mengeluarkan sekitar 1-2 jutaan maka anak muda Manado sudah bisa memperolehnya. Senjata ini mudah saja untuk diselundupkan karena menggunakan jalur laut.

Ini yang mesti juga diwaspadia dengan amat sangat. Kita tidak boleh main-main dengan kepemilikan dan penggunaan senjata api jenis apa pun. 
Selain panah wayer dan airsoft gun, maka rasa-rasanya tidak berlebihan bila kepemilikan pistol illegal ini juga ditelusuri sampai ke akar-akarnya. Hal ini harus mendapat perhatian penuh pemerintah setempat. Kalau tidak, maka ini pastilah akan semakin memperburuk dan memperparah pertikaian antarwarga, dan korban demi korban akan terus berjatuhan.

Tentu kita semua tidak ingin hal itu terus terjadi di Bumi Nyiur Melambai bukan? Menyitir apa yang dikatakan oleh Edwin Markham, bahwa “There is no true liberty for the individual except as he finds it in the liberty of all.

 There is no true security for the individual except as he finds it in the security for all. Maka saya mengajak para pelaku kejahatan untuk sadar sepenuhnya, bahwa diri Anda sendiri tidak akan aman dan nyaman bila Anda tidak menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi orang-orang di sekitar Anda. ---Michael Sendow.

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Maraknya Panah Wayer, Airsoft Gun, dan Pistol di 
https://www.tolitvnews.com/michusa maraknya-panah-wayer-airsoft-gun-dan-pistol-di-manado

Kreator: Tolitvnews 
Tolitvnews adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi lain

Tulis opini Anda seputar isu terkini di [Tolitvnews.com]*
×
Berita Terbaru Update