-->

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Elpius Hugi Nyawa Manusia Lebih Berharga Daripada Satu Kursi Legislatif

Maret 14, 2024 | Maret 14, 2024 WIB Last Updated 2024-03-14T06:12:09Z
“Oleh karena itu, saya mohon dengan hormat kepada semua jajaran Forkopimda Papua Pegunungan dan Forkopimda Jayawijaya, aparat keamanan, penyelengggara Pemilu dan terutama partai politik dan caleg-caleg untuk bisa bekerja profesional dan menjadi mediator untuk menjaga keamanan selama proses penetapan rapat pleno penghitungan suara sepekan ke depan,” ujar Elpius.

Elpius yang saat ini menjabat Kepala Biro Umum dan Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Papua ini menyampaikan lima poin penting.

Pertama, sebagai anak daerah, kami sangat prihatin atas peristiwa meninggalnya beberapa orang jelang penghitungan/ rekapitulasi suara untuk menetapkan kursi DPRD Kabupaten/DPR Provinsi, DPD RI dan DPR RI, serta Pemilihan Presiden pada Pemilu 2024. Hal ini menunjukkan belum adanya kedewasaan berpolitik.

Kedua, perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak agar kejadian tersebut tidak terulang kembali.

 Oleh karena itu, harus ada koordinasi para pihak yang terlibat langsung seperti penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu) agar mengambil langkah strategis untuk minimalisir masalah di lapangan.

“Apalagi sampai dapat serang di rumah sakit ini baru pertama terjadi. Pada hal rumah sakit itu tempat umum untuk pasien dan mendapat perlakuan khusus oleh para medis. Pihak keamanan perlu diperketat pengaman khusus di areal RSUD Wamena,” tegasnya.

Ketiga, perlu diperkuat pasukan pengamanan di tempat- tempat rawan terjadinya keributan, konflik atau pertikaian, terutama di tempat perhitungan suara atau tempat pelaksanaan pleno KPU, rumah sakit, sekolah, perkantoran, dn rumah para Caleg itu sendiri.

“Lakukan swiping alat-alat perang ke semua warga, juga swiping peredaran miras yang biasa jadi pemicu keributan. Tindak tegas yang melanggar agar ada efek jera,” bilang Elpius.

Keempat, bila aturan memungkinkan, perlu diambil solusi dengan memindahkan tempat pelaksanaan rapat pleno penghitungan suara yang aman di luar Kota Wamena agar menghindari konflik atau korban berjatuhan lagi ke depannya.

“Yang kelima, diharapkan masing-masing Caleg agar perlu untuk menahan diri, mengendalikan dan mengamankan massa pendukungnya.

 Sebab ketika Anda terpilih, Anda adalah wakil rakyat untuk semua orang, bukan untuk kelompok-kelompok, suku dan daerah,” tegas Elpius.[Redaksi Tolitvnews.com]*
×
Berita Terbaru Update