Notification

×

Iklan

Iklan

Irinus Wanimbo Legislator mudah kader PDI-P Daftarkan Diri maju Calon Bupati Kabupaten Tolikara

Mei 05, 2024 | Mei 05, 2024 WIB Last Updated 2024-05-05T17:23:33Z
KARUBAGA:[Tolitvnews.om]-Irinus Wanimbo,.SH Legislator mudah Tolikara Tengah (kanan)Meinus Yanegga,.S.IP  ketua DPC PDI-P Perjuangan saat mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Bupati Tolikara periode 2024-2029 di Sekretariat Tolikara Pendaftaran Bakal Calon Bupati-Wakil Bupati Tolikara, Provinsi Papua pegunungan di Tolikara , Jumat, (3/5). Berkas pendaftaran diterima ketua partai PDIP Merinus yanegga,.S.IP  didampingi sekretaris dan Pengurus Lain.

 legislator mudah Tolikara yang juga tokoh muda Irinus Wanimbo,.SH Sabtu (4/5), sore resmi mendaftarkan diri sebagai Calon Bupati Kabupaten TOLIKARA periode 2024-2019 pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November mendatang. 

“Melalui kesempatan ini, saya menyampaikan kepada masyarakat Tolikara melalui rekan-rekan tim dan masyarakat Tolikara niat dan komitmen serta tekad saya untuk mendaftarkan diri sebagai Calon Bupati Tolikara periode 2024-2029,” ujar Irinus Wanimbo kepada wartawan di Kafe Honai Wamena,kota Provinsi Papua pegunungan Sabtu (4/5) sore. 

Irinus Wanimbo Legislator mudah asal Tolikara langkah mendaftarkan diri sebagai calon bupati diambil setelah pimpinan partai politik (parpol) di Tolikara mulai membuka pendaftaran secara resmi.
“Sejauh ini saya sudah mendaftarkan diri di Partai PDI-P, dan saya pengurus utama ketua Bapilu provinsi Papua pegunungan Sedangkan untuk sedang dalam tahap pemberkasan,” kata Irinus Wanimbo,.SH  kelahiran Gilobandu Tolikara II tahun 1985.

Irinus juga mengatakan, sebagai warga negara dan tokoh muda yang lama bergiat di polisi pihaknya meniatkan diri untuk mencalonkan diri menjadi peserta dalam Pemilu yang merupakan pesta demokrasi. Hal tersebut tentu mengikuti mekanisme dan syarat sesuai amanat Undang-Undang yang berlaku. 

“Saya juga sebagai warga negara dan juga sebagai generasi muda mempunyai kewajiban dan kerinduan dalam mengisi ruang demokrasi yang disediakan oleh negara. Sehingga, saat ini melalui doa dan refleksi panjang saya meniatkan diri untuk mengajukan diri menjadi calon Bupati Tolikara,” kata Irinus Wanimbo senator mudah Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Tolikara baru terpilih periode 2024/2029 dari Partai Barisan Nasional (Barnas). 

Menurut irinus saat ini banyak putra asal Tolikara yang juga masuk dalam bursa Pilkada Tolikara. 

Ada kerinduan kolektif bersama masyarakat dan berbagai elemen untuk membangun Tolikara lebih aman, damai, dan sejahtera melalui mandat formal sebagai bupati. 

Niatnya masuk dalam bursa Pilkada Tolikara,lanjut irinus dilatarbelakangi oleh pemahaman kompleksitas persoalan yang sudah dan sedang terjadi dalam menemukan jalan keluarnya. 

Tentu sebagai tokoh muda putra asli Tolikara harus berpikir berlandaskan kemampuan  sumber daya manusia (SDM dan sumber daya alam (SDA) di tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengglobal. 

Meski demikian, ujar Irinus, ke depan diperlukan pula cara pandang global namun bertindak lokal, think globally, act locally melalui kesamaan visi birokrasi mulai dari pemerintah pusat hingga pemerintah kampung.

Dalam konteks tersebut, ujar ketua DPC PDI-P Meinus yanegga,.S.IP perlu ada spirit atau semangat untuk menggerakkan partisipasi masyarakat dalam seluruh tahapan pembangunan mulai perencanaan hingga pelaksanaan.

 Hal itu sejalan dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 dan Undang=Undang Otonomi Khusus (Otsus) Papua yang sudah mengalami perubahan.
“Intinya bagaimana pemerintah daerah menggerakkan rakyat untuk bersama-sama menemukan dan memecahkan persoalan pembangunan, pelayanan, dan pemberdayaan yang selama ini kurang produktif atau tidak terwadahi dengan baik sehingga kemajuan pembangunan selaras dengan kebutuhan rakyat,”.

Karena itu, menurut Meinus perlu ada gerakan yang mengajak masyarakat untuk menentukan nasib hidup yang sesungguhnya melalui pelayanan pembangunan dan sosial kemasyarakatan yang efektif dan berdaya guna.

“Sehingga pergerakan yang saya maksudkan adalah Gerakan Membangun Bersama Inisiatif Rakyat atau Gembira. Dengan demikian, pembangunan yang dihasilkan adalah hasil kerja bersama antara pemerintah dan rakyat dalam rangka mewujudkan Tolikara yang terampil untuk berdikari dalam suasana kehidupan yang harmonis,” Tandasnya:Meinus DPRD Tolikara dan ketua DPC PDIP tahun 2024/2029  (Redaksi Tolitvnews.com)*
×
Berita Terbaru Update