Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Uncen Gunakan Koteka ke kampus utk kuliah: History maker

September 27, 2024 | September 27, 2024 WIB Last Updated 2024-09-27T13:53:53Z
JAYAPURA [tolitvnews.com]-28/05/2018
Jam: 07.00 WIT Salah satu mahasiswa Universitas Cendrawasih papua. 

Jurusan Teknik Elektro Semester Empat(4), atas Nama:

 Devio Bastian Tekege Telah membuktikan sejarah baru tercipta bagi mahasiswa/i papua di Universitas Cenderawasih. 

Pagi hari ini senin di minggu terakhir bulan mei, Devio Tekege menjadi pusat prihatian teman-temannya karena menggunakan pakaian tradisional koteka di kampus. 

Dia tiba di kampus Jam: 08.00 WIT dgn mengendarahi motor. Ia masuk dalam Ruang kelas memakai atribut budaya suku mee (Koteka), sambil mengikuti dua mata kuliah ;
1. Metematika II
2. Elektro analok

Banyak mahasiswa/i langsung memusatkan perhatiannya ke dia dan juga para dosen.

 Seorang dosen bertanya ke devio kamu kenapa memakai koteka ke kampus apakah ada kegiata? lalu devio menjawab "Tidak ada pak" .

 Lalu ada satu orang dosen yang memintah foto bersama devio dengan tegas Devio Tolak dan devio bilang ini bukan tepat Fashion show pak.

 Ini budaya jati diri saya sebagai orang papua saya harus melestarikan budaya saya, saya memakai budaya saya ini bukan saja di hari2 tertentu tapi saya pakai sbg pakaian keseharian saya. 
Davio mencoba menyampaikan pesan simbolis kepada mahasiswa Papua di Uncen bahwa kita sebagai orang papua kita harus sadar untuk melestarikan budaya kita.

 Davio juga mengungkapkan rasa syukurnya karena Uncen telah ikut membangun peradaban anak-anak koteka untuk menggapai cita-cita dan masa depannya.


Davio kemudian mengajak teman2 Papua yang lain utk melakukan hal yang sama dan ajakan Davio direspon sama seorang temannya asal salah satu suku di Manokwari yang juga merasa tertarik melihat penampilan Devio memakai koteka". 

Lalu mereka berdua sepakat untuk menggunakan pakaian adat masing-masing untuk masuk kuliah hari rabu karena selasa libur. 

Sudah waktunya anak-anak asli papua kuliah pake pakaian tradisionalnya. 

berani ka tidak 
Untuk pertama kali saya melihat mhasiswa uncen pakai koteka masuk kampus.
×
Berita Terbaru Update