Notification

×

Iklan

Iklan

Pj Bupati Tolikara, Marthen Kogoya Serahkan Dana Bantuan Studi Mahasiswa

September 05, 2024 | September 05, 2024 WIB Last Updated 2024-09-08T08:20:20Z
KARUBAGA [tolitvnews.com]-Tolikara, Ignasius Ohoirat, SE kepada perwakilan Mahasiswa Asal Tolikara di Kota Studi Jayapura, Papua, di Kantor BRI Cabang Abepura, Rabu 4 September 2024.

Pj Bupati Marthen Kogoya saat acara penyerahan dana bantuan mahasiswa mengatakan, bantuan tersebut bersumber dari dana OTSUS dan diberikan sebagai bentuk dukungan Pemda Tolikara kepada masyarakat yang kurang mampu.

“Bantuan ini kita ambil dari dana OTSUS Tahun Anggaran 2024 ini,” ujar Pj Bupati Marthen Kogoya.

Adapun mahasiswa yang terima bantuan beasiswa sebanyak 405 orang jumlah ini terdiri dari mahasiswa semeter 4 sampai semeter 10.
 Syarat untuk mendapatkan bantuan tersebut diantaranya, melampirkan surat aktif kuliah, kartu tanda mahasiswa, kartu hasil studi, surat keterangan aktif perkuliahan, KTP Tolikara, dan kartu keluarga ke dalam aplikasi Sistem Informasi Mahasiswa Tolikara (SIMARA).

“Melalui aplikasi SIMARA kami bisa mengontrol mahasiswa yang terima bantuan ini benar-benar sedang kuliah,” kata Pj Bupati Marthen Kogoya.

Terkait prosedur pengambilan dana, mahasiswa penerima bantuan dapat mengambil uang di BRI Cabang Abepura, satu kali dalam setahun. 

Bisa juga melalui kartu ATM BRI yang diterbitkan oleh pihak BRI Cabang Abepura.

“Nantinya mahasiswa sendiri yang kelolah, jika uangnya lebih dari UKT (Uang Kuliah Tunggal) maka dapat dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari mereka,” jelasnya.

Pj Bupati Marthen Kogoya mengimbau kepada seluruh mahasiswa asal Tolikara agar segera mendaftarkan diri ke dalam Aplikasi SIMARA sehingga bantuan segera disalurjkan ke setiap mahasiswa.

“Kenapa harus daftar di aplikasi, karena kami ingin tahu bahwa mahasiswa ini betul-betul kuliah.

 Jangan sampai uang ini dipergunakan untuk hal lain. 

Karena penganggaran juga mengacu pada data yang ada di SIMARA,” tegas Pj Bupati Marthen Kogoya.

Pj Bupati Marthen Kogoya menjelaskan, program beasiswa ini kemungkinan akan berlanjut. 

Bahkan ke depannya akan disalurkan setiap bulan. Mahasiswa diminta untuk mendukung program ini melalui prestasi belajar agar program yang dicanangkan memberi impact atau dampak untuk pembangunan Tolikara, terutama dalam hal peningkatan Sumber Daya Manusia.

“Karena ini awal, jadi penerimaannya satu kali dalam setahun, tidak menutup kemungkinan ke depan akan kita berikan kepada semua mahasiswa mulai semester awal, dengan catatan harus benar-benar kuliah,” tandasnya.

Pj Bupati Marthen Kogoya menghimbau kepada mahasiswa Tolikara untuk menggunakan dana bantuan secara baik. “Jangan sampai hanya menghambur-hamburkan uang, kami harap kepada mahasiswa yang terima bantuan ini, uangnya digunakam secara baik,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Abepura, Fajar Febrianto Sarewo mengatakan akan memegang teguh kepercayaan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Tolikara dalam menyalurkan bantuan beasiswa.

“Kami berharap, dengan bantuan ini adik-adik mahasiswa asal Tokikara di seluruh Indonesia dapat menyelesaikan pendidikannya dengan cepat,” pesan Fajar. 
Di tempat yang sama, Ketua Himpunan Mahasiswa Tolikara Kota Studi Jayapura, Misoi Wanimbo memberikan apresiasi dan mengucapakn terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tolikara. 

Menurutnya, langkah yang dilakukan daerah dengan memberikan bantuan dana betul-betul bermanfaat bagi masyarakat terutama mahasiswa yang kurang mampu.

 “Saya atas nama mahasiswa penerima bantuan beasiswa, mengucapkan terima kasih kepada PJ Bupati Tolikara, dengan gagasannya yang sangat berlian ini, kami dapat menyelesaikan pendidikan kami di Perguruan Tinggi,” ucap Misoi Wanimbo.(Rel/Diskominfo Tolikara)
×
Berita Terbaru Update