Notification

×

Iklan

Iklan

Ulasan Buku Sejahra Kepemimpinan Pemuda Baptis Papua Angginak Sepi Wanimbo

Oktober 01, 2024 | Oktober 01, 2024 WIB Last Updated 2024-10-01T13:37:15Z
WAMENA [tolitvnews.com]-
Oleh: Midiles Kogoya

“Dr. Stephen Tong, 1996:14 – Mengatakan Jika seseorang tidak pernah mau mempelajari sejarah, maka ia tidak akan pernah mengetahui asal-usul dan akar yang sesungguhnya bagi dirinya sendiri, Jikalau orang prancis tidak mempelajari sejarah prancis, Ia tidak mungkin mengakui sebagai orang prancis, begitu pun juga dengan orang Jepang.”

Buku yang ditulis oleh sepi Wanimbo sungguh luar biasa dengan menggunakan bahasa sehari-hari, dengan arti yang mendalam dan menentu hati saya, karena setiap bab memberikan pesan dan kesan inspirasi dan motivasi, Ketika membaca Buku ini Air mata saya keluar sendiri, sampai dalam 1 hari saya telah selesaikan membaca buku dari 107 Halaman. 

Buku dengan judul sejarah kepemimpinan pemuda Papua oleh - Annginak Sepi Wanimbo, cetak Pertama Juli 2024, merupakan buku yang sangat penting untuk dibaca bagi siapa pun, karena buku ini tidak hanya bicara soal aspek kepemimpinan pemuda Babtis Papua, akan tetapi juga bicara soal aspek ekonom, politik, sosial, pemerintah di tanah Papua pada umumnya.

Pada prinsipnya buku ini lebih spesifik pada kegiatan keagamaan sejarah baptis Papua, tetapi juga aspek sosial budaya suku lani yang sudah mendiami sekian tahun di Tiyom , Karubaga, Mulia, Bokodini Dan Ilaga,
Kata pengantar yang di awali oleh Dr. Socretez sofyan Yoman yang semakin membuat nilai Buku legalitas dan nilai baca yang makin kredibel dan berkualitas tanpa batas.

Buku ini menjelaskan sejarah kepemimpinan pemuda Babtis pada bab 1 selayang pandang kisah, yang isinya masih bersifat kompleks tentang sejarah peradaban suku lani, dan budaya sosial ekonomi, sementara dari bab 2 sampai bab 7 yang merupakan sejarah kepemimpinan dan keunikan serta prestasi setiap pemimpin ketua pemuda Babtis Papua .

Tio Kogoya dengan kawan-kawannya merupakan pemimpin pertama asal Yulumbur Dimba yang peletakan fondasi Ketua Pemuda Gereja Babtis Papua Pada Tahun 1966, selanjut Lelius R. Wanimbo,S,Th.MA asal Yanekme Makki pimpin pemuda babtis sejak tahun 2002-2007 dan melanjutkan,. Leir Wenda Asal Yogobak Tiom Lanny Jaya Pimpin Ketua Pemuda Babtis 2008-2012.

Merius Kogoya,S.Th Ketua Departemen Ke-III Asal Yinopaga/Tenggeyam Pimpin Ketua Pemuda Departemen Gereja Babtis West Papua Sejak 2012-2017,. Angginak Sepi Wanimbo, S.IP,.MKP Ketua Departemen Pemuda Gereja Babtis West Papua Ke- 4,. Lahir 23 Mei 1990 Di Onggeme Distrik Tiom, Latar belakangan keluarga penerima Injil pertama organisasi gereja Babtis Papua di tiom.

Kisa dan daya semangat juang Sepi Wanimbo dalam menempuh pendidikan , kisa kedua orang tua dan kisa khusus perjuangan ibu untuk mendukung sepi dalam menempuh pendidikan yang sangat luar biasa, dan menjadi inspirasi dan motivasi bagi siapa pun yang sedang membaca buku ini.

Selanjutnya pandangan luas dan analisis tajam sepi Wanimbo juga menulis bagaimana dampak akibat menerima Daerah Otonomi Baru (DOB), menurutnya akan mengancam tatanan kehidupan budaya sosial dan ekonomi orang Papua, akan membuka transmigrasi dan akan menjadi minoritas secara ras karena terjadinya pemusnahan.

Dalam Buku sepi Wanimbo berpesan supaya orang Papua jangan jual tanah, jangan miras, dan bagaimana kemudian posisi kaum pemuda Babtis harus perang aktif selamatkan manusia Papua, budaya dan menjadi bersinar di atas tanah Papua serta menjadi berkat bagi siapa pun.

Akia Yas Wenda, S.I.KOM adalah Ketua departemen pemuda gereja babtis ke-6 lahir di Genokme Beam Lannya Jaya, kepemimpinan tahun 2023-2027 atau sampai hari ini.

Sejarah sebagai Jati diri dan identitas anak muda Babtis Papua sehingga penulis sangat termotivasi besar tulis apa yang sudah lakukan oleh pimpinan dulu sekarang dan yang akan datang.
Bagi yang tertarik baca buku langsung saja WA: KK Sepi Wanimbo Melalui No. ini: 0812-5262-5997
×
Berita Terbaru Update